Beranda | Artikel
Bab Al-Jialah - dari Bab Al-Jialah wa Al-Ijarah - Kitab Manhajus Salikin (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 19 Desember 2013

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.

[sc:status-manhajus-salikin-ustadz-erwandi-tarmizi-2013]

Ringkasan Kajian dalam Rekaman ini: Kitab Manhajus Salikin

Bab Ji’alah – dari Bab Al-Ji’alah wa Al-Ijarah – (باب الجعالة والإجارة)

Kita melanjutkan pembahasan dari kitab karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, bab al-ji’alah dan al-ijarah, dan sampai kita kepada perkataan mu’allif:

والجعالة أوسع من الإجارة ؛ لأنها تجوز على أعمال القُرَب ؛ لأن العمل فيها يكون معلوما أو مجهولا ، ولأنها عقد جائز بخلاف الإجارة .

Dan ji’alah lebih luas daripada ijarah, karena akad ji’alah boleh atas perbuatan ibadah dan karena dalam akad ji’alah, boleh jenis kerjanya itu jelas dan boleh juga tidak jelas, dan inilah perbedaan dari al-ji’alah dengan al-ijarah. Dan karena akad ji’alah adalah akad yang ja’iz. Pernah kita bahas tentang akad ja’iz dan lazim, yaitu akad lazim di mana orang yang berakad tidak bisa mencabut kembali atau membatalkan akad secara sepihak, berbeda dengan akad ja’iz di mana salah satu pihak boleh membatalkan akad tersebut.

Kalau Anda telah membuat kontrak untuk bekerja, jelas jenis pekerjaannya dan jelas upahnya, ini akadnya adalah ijarah, maka tidak bisa begitu saja Anda tidak memenuhinya atau meninggalkan pekerjaan begitu saja, hal tersebut tidak bisa (tidak diperbolehkan), karena akadnya adalah akad yang lazim, Anda berdosa kepada Allah. Allah mengatakan:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَوْفُواْ بِالْعُقُودِ … (المائدة: ١)

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu …” (Q.S. Al-Ma’idah [5]: 1)

Simak pemaparan secara jelas oleh Ustadz DR Erwandi Tarmizi dalam kajian Manhajus Salikin, dengan mendownloadnya MP3 kajiannya atau dengarkan langsung melalui player yang tersedia.

Download Kajian KItab Manhajus Salikin (Kitabul Buyu’)- Ustadz DR Erwandi Tarmizi: Bab Al-Ji’alah – dari Bab Al-Ji’alah wa Al-Ijarah

Silakan download, bagikan file kajiannya, dan share tautannya ke Facebook, Twitter, dan Google+. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/4753-bab-al-jialah-dari-bab-al-jialah-wa-al-ijarah-kitab-manhajus-salikin-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/